Tips Reseller Toko Online Untuk Pemula Bermodal Kecil

Toko online, sebuah trend bisnis online yang cocok untuk semua kalangan. Termasuk bagi pemula yang bermodal kecil. Toko secara offline sendiri biasanya menjual berbagai variasi produk, baik variasi dari merek yang sama atau berbeda merek. Secara online juga sama karena pada dasarnya sama dengan offline. Ada banyak media untuk menjalankan bisnis toko online, bisa blog, sosial media, website penjualan pribadi, atau situs marketplace.



Rata-rata toko online dikuasai oleh produk untuk kebutuhan wanita. Banyak sekali variasi produk wanita. Belum lagi satu merek saja bisa menghasilkan berbagai variasi produk. Sebut saja produk merek wardah. Anda bisa melihat bahwa 1 merek produk wardah saja, memiliki puluhan variasi produk. Belum lagi produk dari merek lain yang tujuannya sama dengan produk wardah seperti citra atau sari ayu, pun memiliki berbagai variasi. Belum masalah baju, sepatu, bra, daster, mukena dan lain sebagainya yang merupakan kebutuhan untuk wanita.

Maka cara aman untuk anda yang ingin memulai bisnis modal kecil sebagai reseller pemula adalah mengambil tema penjualan produk yang sudah umum dijalankan dan memiliki pasar yang jelas. Tujuannya agar produk yang anda jual sudah terbukti laris dan laku di pasaran. 


Cara seperti ini memang sudah umum dilakukan para pemula, dan pastinya akan memunculkan banyak pesaing yang sudah lebih dulu menggunakan cara ini. Namun tetap ada peluang untuk bersaing secara online. Mengapa ? Karena adanya celah mendatangkan pembeli melalui pemanfaatan teknik mendatangkan pengunjung melalui search engine (SEO). Dengan teknik ini celah untuk mendatangkan pengunjung adalah dengan pemilihan kata kunci pencarian yang tepat. Pencarian kata kunci melalui search engine, terhadap suatu produk yang diminati oleh calon pembeli sangatlah beragam dan hampir tidak terbatas. Dengan mencari kata kunci yang berbeda dengan pesaing untuk pencarian suatu produk melalui search engine maka potensi menarik trafik pengunjung tetap besar. Secara teknis dalam mendatangkan trafik pengunjung melalui search engine (teknik SEO), kata kunci yang anda bidik pada toko online anda bisa berbeda dengan kata kunci toko online pesaing, walaupun menuju pada produk yang sama.


Memilih Produk Bisnis Reseller Sesuai Pasarnya

Hampir semua jenis produk dapat anda pasarkan secara online melalui toko online anda.Yang harus anda lakukan adalah melakukan pemilihan produk yang tepat untuk anda pasarkan. Menjadi reseller online suatu produk merupakan pilihan yang tepat saat anda mengawali bisnis modal kecil anda ini. Penentuan jenis produk harus disesuaikan dengan target pasar yang akan anda masuki.

Apakah target market yang anda bidik masuk kategori segmen kelas bawah, menengah atau kalangan atas/berduit tebal ? Jangan takut untuk memilih jenis produk sesuai dengan target pasarnya ? Mengapa ? Karena setiap segmen sudah memiliki pasarnya sendiri. Tinggal tergantung cara anda melakukan pelayanan, pengemasan dan promosi produk anda tersebut. Pastinya akan berbeda untuk setiap segmen tersebut.

Jika Anda punya pengalaman untuk menyasar segmen pasar kelas atas, mengapa tidak anda ambil ? Toh produk reseller yang anda pilih bukan produk buatan anda sendiri, anda hanya tinggal memasarkannya saja. Jadi anda tidak perlu dipusingkan dengan proses produksi. Kenapa harus memilih produk yang berkualitas rendah? Singkirkan dulu produk berkualitas rendah jika anda ingin bermain di segmen atas ini.

Pilih produk yang berkualitas bagus. Mahal dalam harga, tidak masalah. Karena market yang butuh produk tersebut juga kalangan berduit. Sehingga anda tidak perlu khawatir tidak mendapat penjualan produk hanya karena harga jual produk mahal. Bagi kalangan berduit, harga mahal tidak menjadi masalah.

Anda hanya harus bermain profesional dalam pelayanan, pengemasan, dan tampilan website toko online. Ini penting. Anda bisa meniru desain website toko online yang sudah memiliki nama besar seperti Lazada atau dari toko online ternama lainnya.

Memiliki Pasar Yang Potensial Secara Online

Pastikan produk yang anda pilih memang layak anda jual pada toko online anda, karena memiliki pasar potensial secara online. Memiliki jumlah pencarian bagus atas kata kunci website toko online anda belum tentu bisa terjadi penjualan. Harus dipahami lebih dahulu karakter sebuah kata kunci dari produk yang akan anda jual. Lakukan penelitian sederhana terhadap kata kunci potensial untuk produk anda. Misalnya sebuah kata kunci nama produk ternyata mudah didapat pada toko offline terdekat. Kondisi ini akan mengakibatkan penjualan produk anda tidak akan efektif. Pasar akan lebih memilih membeli secara offline melalui toko tersebut.

Anda perhatikan terlebih dahulu produk yang dijual berdasarkan jumlah penyebaran produk secara offline. Misal anda akan menjual produk kosmetik dari “wardah”. Maka anda bisa meneliti, mudah atau tidak mendapatkan produk wardah. Anda cukup meneliti dengan mengambil sampel penjualan di kota anda. Lihat di berbagai sudut, apakah banyak penjualan produk wardah. Bila kesulitan, ambil sampel lingkup “desa”. Lihat dalam lingkup desa, apakah banyak yang menjual produk wardah.

Sampel ini bisa anda gunakan untuk memutuskan penjualan secara online.

Bila produk wardah mudah didapatkan di desa anda, bisa jadi di seluruh desa juga mudah didapatkan. Anda bisa memutuskan tidak menjual produk wardah dengan target kota anda. Target ini hanya sementara. Anda bisa melakukan pengembangan di kemudian hari.

Penjualan Satu Jalur dalam Bisnis Reseller

Coba dulu menggunakan penjualan satu jalur. Artinya adalah anda hanya mengandalkan beberapa produk dari 1 merek saja untuk dijual. Kenapa tidak berbagai produk dari beberapa merk ? Hal ini untuk memudahkan anda dalam berpromosi dan menciptakan ekslusifitas dari website toko online anda. Website jenis seperti ini disebut website minisite bukan website toko online, karena hanya fokus menjual satu niche produk tertentu saja.

Website minisite berdasarkan pengalaman memiliki konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan website toko online untuk satu produk tertentu. Ketika website minisite anda berhasil, anda bisa membuat banner yang mengarahkan ke toko online multi produk anda.

Strategi Belanja Produk Untuk Kesuksesan Bisnis Reseller

Berhemat modal adalah langkah terbaik untuk pemula yang baru memulai usaha online. Ini adalah langkah awal bagi para pebisnis bermodal kecil. Termasuk untuk hal bisnis toko online banyak pemula yang memiliki anggapan salah tentang permasalahan stok took onlinenya. Sehingga seringkali menjadi penghalang ketika akan memulainya. Kenapa? Karena adanya pemikiran bahwa untuk memulainya haruslah dengan memiliki / menyetok barang terlebih dahulu sebelum terjadi penjualan. Tentu akan menjadi masalah dari sisi permodalan dan potensi kerugian dari stok yang menumpuk tidak terjual bila belum memiliki mekanisme penjualan yang baik.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan system dropship. Yaitu suatu system reseller yang tidak mengharuskan anda sebagai penjual membeli barang sebagai stok dahulu sebelum menjualnya. Dengan system dropship ini anda sebagai drophipper cukup menawarkan produk yang akan anda jual bermodalkan brosur atau web toko online atau juga media social anda untuk memasarkan dan menawarkan produk tersebut kepada calon pembeli.

Terkait dengan toko online, maka yang harus anda lakukan adalah upload produk-produk yang anda akan jual dalam website toko online anda tanpa anda harus belanja / memiliki produk tersebut terlebih dahulu. Tujuannya sekedar mengetes penjualan. Namun syarat utama sebelum melakukan ini adalah anda sudah siap melakukan pembelanjaan ketika ada pemesanan. Oleh karenanya Anda harus melakukan pencarian dan penentuan suplier terlebih dahulu, dan mengadakan kesepakatan bahwa anda bersedia memasarkan produk dari supplier tersebut dengan cara dropship. Saat ini sudah sangat banyak para suplier yang menggunakan system dropship ini untuk mekanisme penjualan produk-produk mereka, sehingga anda dengan mudah akan bisa mendapatkan suplier yang anda butuhkan sesuai dengan niche market yang anda miliki.

Apabila penjualan anda sudah mulai bertambah, maka anda sudah mulai dapat melakukan penyetokan barang. Mengapa ? Karena anda sudah memiliki data penjualan dari produk-produk yang laris dijual dari toko online anda. Dengan profit yang anda miliki dari penjualan produk tersebut, anda dapat pula menginvestasikannya sebagai stok barang. Pembelian stok barang dalam jumlah tertentu atau grosir tentunya akan menghasilkan profit yang lebih besar dibandingkan dengan pembelian melalui system dropship. Sehingga toko online anda akan dapat bertumbuh lebih besar lagi, dan dapat merekrut reseller untuk membantu penjualan, karena dengan margin keuntungan yang lebih besar tersebut, anda dapat bagikan kepada para reseller anda sebagai sharing profit atas penjualan mereka.

Selamat mencoba …





0 Response to "Tips Reseller Toko Online Untuk Pemula Bermodal Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel