Strategi Sukses Bisnis Modal Kecil Sebagai Reseller Online

Mau tau strategi bisnis paling mudah dan murah? Bisa dilakukan oleh siapa saja, pemula, maupun pebisnis yang ingin mencoba bidang usaha lain, sebagai pengembangan bisnisnya yang sudah berjalan. Bahkan karyawan yang masih bekerja, tetapi mau mencoba memulai berbisnis dengan modal kecil ? Jawabannya adalah menjadi reseller atau dropshipper. Lebih tepatnya reseller online atau dropshipper online. Mengapa demikian ? Yuk kita bahas lebih jauh tentang strategi bisnis yang satu ini.

Reseller / makelar / broker atau apapun namanya itu, merupakan suatu jenis usaha yang memposisikan kita sebagai orang yang menjualkan kembali produk orang lain. Kita akan mendapatkan keuntungan dari selisih antara harga jual kita kepada konsumen dengan harga beli dari produsen atau pemilik barang. Sederhana bukan ? Tidak serumit yang sering kita bayangkan tentang berbisnis. Kesederhanaan dari pola strategi bisnis sebagai reseller inilah yang akan mempermudah kita pada saat awal untuk mulai menerjuni dan menjalani bisnis yang baru. 

aleeshoponline.web,id

Menjadi reseller relatif lebih mudah dan minim risiko, dibandingkan dengan merintis bisnis sendiri dari nol. Bagi pebisnis pemula, yang masih sangat awam terhadap berbagai lika-liku dunia usaha, menjadi reseller adalah pilihan yang sangat tepat. Karena dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal sekalipun, bisnis ini sudah dapat dijalankan, Dengan lebih cepat bisa berjualan maka akan lebih cepat menghasilkan keuntungan pula.

Pola Strategi Bisnis Reseller Online

Saat Anda menjadi reseller, maka ada beberapa pola dan model penjualan yang bisa terjadi. Pertama adalah reseller dengan stok, yaitu Anda membeli dahulu produk yang akan anda jual, tentunya disesuaikan dengan kemampuan dana anda saat ini. Kemudian stok barang tersebut bisa Anda jual untuk menghasilkan keuntungan.

Pola kedua adalah dengan sistem dropshipper. Yaitu sistem penjualan dimana anda tidak perlu menyetok barang, artinya Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang, tetapi langsung memberikan order kepada pemilik barang, tentunya setelah Anda membayar harga beli barang dan ongkos kirim kepada pemilik barang, untuk kemudian pemilik barang akan mengirimkan barang kepada pembeli yang sebelumnya telah mentransfer uang kepada Anda. Biasanya dalam paket pengiriman, yang akan dituliskan sebagai pengirim adalah alamat dan nomor telepon Anda sebagai dropshipper bukan identitas pemilik barang. Mudah sekali bukan ? Hampir tanpa modal !

Keuntungan yang diperoleh saat menjalani strategi bisnis sebagai reseller khususnya reseller online :
1. Tidak perlu modal besar, bahkan hampir tanpa modal
2. Gak perlu mikirin stok barang, bila Anda menerapkan sistem dropshipper
3. Bisa fokus untuk berjualan dan berjualan
4. Bisa bergabung sambil mengasah skill jualan Anda dengan pelatihan yang sering diadakan oleh para pemilik produk, sebagai sarana untuk mendidik/membimbing para resellernya

Saat ini dengan semakin berkembangnya sistem pemasaran online, maka tumbuh cukup marak berbagai sistem pelatihan bagi para reseller yang diadakan oleh para pemilik produk. Berbagai teknologi dan aplikasi internet yang tersedia dijadikan sebagai alat pemasaran online yang sangat efektif dalam meningkatkan penjualan produk yang mereka miliki. Sehingga tidak heran bila mulai bermunculan pebisnis-pebisnis baru dengan penghasilan jutaan hingga belasan juta per bulan dari pola reseller ini. Tidak ketinggalan pemanfaatan social media sebagai alat marketing juga menambah cepat pertumbuhan dan perkembangan serta kemudahaan dalam berjualan online. Social media marketing seperti facebook marketing, instagram, path, twitter dan lain-lain merupakan contoh aplikasi social media yang paling banyak digunakan untuk melakukan pemasaran online.

Strategi Sukses Bisnis Reseller Online

Jadi dengan berbagai kemudahan yang tersedia saat ini, apakah otomatis setiap pemula yang mulai menerjuni dunia bisnis akan langsung menuai kesuksesan ? Ho ho ho....tentu saja tidak. Layaknya bisnis-bisnis lainnya (bisnis offline), menjadi reseller online juga memerlukan beberapa kriteria dan strategi tersendiri agar bisa sukses menjalaninya. 

Berikut beberapa tips dan kiat yang harus dilakukan oleh para pemula yang ingin menekuni dunia reseller agar bisa menuai kesuksesan. Tips ini penulis ambil dari beberapa tips yang diberikan oleh salah seorang pebisnis online sukses yang sudah memiliki ratusan bahkan ribuan reseller, Mas Izadian dan Zain Fikri.

Mulailah Berjualan Dari Manapun Juga Yang Anda Bisa
Jangan terlalu banyak berpikir dan berhitung. Mulailah action berjualan sesegera mungkin dengan apapun modal yang Anda miliki saat ini. Memanfaatkan media online merupakan pilihan paling tepat untuk memulai. Mengapa ? 
Hampir semua orang saat ini memiliki handphone dengan fasilitas internet dan aplikasi chatting online seperti BBM (Blackberry Messenger), WA (whatsapp), line messenger, line@, twitter, facebook dan lain sebagainya. Semuanya bisa berjalan dengan hampir tanpa modal dan biaya kecuali untuk pulsa atau berlangganan paket internet.
Pelajarilah cara-cara berjualan melalui berbagai aplikasi internet tersebut. Hasilkan penjualan sesegera mungkin agar Anda segera mendapatkan keuntungan. Biasanya bila Anda sudah mendapatkan keuntungan yang pertama kali, kedepannya semuanya akan menjadi lebih mudah, tinggal duplikasikan saja teknik dan caranya.

Pilihlah Produk Yang Mudah Dijual atau Produk Laris
Terdapat 3 hal penting yang harus Anda pertimbangkan saat memulai jualan. Pertama, pilihlah produk yang menghasilkan. Artinya pilihlah produk yang laris dan disukai orang banyak. Fokuslah pada menghasilkan terlebih dahulu. Dengan menghasilkan penjualan maka akan mendapatkan keuntungan, yang akan menyebabkan Anda menyukainya. Siapa sih penjual yang tidak senang kalau barang dagangannya disukai banyak orang sehingga laris terjual, maka Anda insya Allah akan menyukainya. Ketiga, bila produk anda laris terjual maka kedepannya akan menjadi lebih mudah bagi anda untuk mengembangkan produk jualan anda. 
Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, 250 juta jiwa lebih. Pangsa pasar Anda untuk berjualan produk apapun masih sangat terbuka lebar, tinggal bagaimana caranya Anda dapat mengambil prosentasi dari sekian ratus juga penduduk tersebut untuk membeli produk Anda. Bayangkan, hanya dengan 1 % saja dari penduduk Indonesia membeli produk anda, berarti dengan keuntungan per unit barang yang Anda jual misalkan Rp. 10.000,-, maka total keuntungan yang Anda bisa dapatkan adalah Rp.?????? banyak sekali bukan ? he he he......soo jangan pesimis. Peluang bagi Anda untuk bisa berbisnis dan menghasilkan keuntungan yang melimpah masih sangat besar. 

Pastikan Produk Yang Anda Pilih Sesuai dengan Passion Anda
Hal berikutnya yang akan mendorong kesuksesan strategi bisnis reseller Anda adalah passion yang Anda miliki terhadap produk yang Anda jual. Menjalani bisnis ibarat mendaki bukit yang terjal, bila Anda menikmati setiap jengkal langkah Anda maka perjalanan mendaki bukit akan terasa menyenangkan, walaupun sesungguhnya berat dan melelahkan. 
Sebagai contoh, seandainya Anda adalah orang yang sangat menyukai hal-hal yang terkait dengan fashion muslim, seperti hijab misalnya. Anda patut mempertimbangkan untuk menjadi reseller dari produk-produk hijab dan turunannya, seperti gamis muslim, aksesoris hijab, dan sejenisnya.

Tingkatkan Kapasitas Anda 
Hal terpenting berikutnya dalam strategi sukses bisnis Anda adalah, harus diingat kembali bahwa menjadi reseller adalah batu loncatan awal untuk memulai bisnis modal kecil yang Anda akan tekuni. Berapapun penghasilan yang Anda dapatkan sebagai reseller janganlah menjadikan Anda berpuas diri. Mengapa ?
Ingatlah bahwa menjadi reseller berarti Anda sedang menjadi self employe. Apa artinya ? Pekerja lepas/mandiri. Ya, Anda sebagai reseller adalah pekerja lepas, yang bekerja untuk diri Anda sendiri. Anda tidak sedang bekerja kepada orang lain atau bos Anda. Anda adalah pekerja sekaligus bos untuk diri Anda sendiri. 
Saat Anda menjadi self employe, maka Anda bekerja agar uang mengalir kepada Anda, akan tetapi saat Anda berhenti bekerja, maka pemasukan akan berhenti dengan sendirinya. Apakah itu yang Anda cita-citakan ? Rasanya sih tidak ! Bukan begitu ?
Yang harus Anda cita-citakan dan raih adalah, Anda ingin menjadi seorang business owner (pemilik bisnis). Yaitu orang yang memiliki bisnis. Apa bedanya ? Bedanya adalah, saat Anda menjadi pemilik bisnis maka anda telah memiliki sistem dan tim yang siap bekerja atau berjualan untuk Anda. Tanpa kehadiran Anda sekalipun, tim penjualan Anda dan sistem yang ada dalam bisnis Anda, tetap bekerja untuk menghasilkan pemasukan buat Anda. Itulah pengusaha / business owner !

Menjadi reseller yang sukses dengan menerapkan strategi bisnis di atas, akan membuat Anda lebih mudah untuk menduplikasikan apa-apa yang sudah Anda lakukan kepada orang-orang yang nantinya akan Anda pilih untuk menjadi tim bisnis Anda. Saat anda menjadi reseller tentunya akan mendapatkan keuntungan yang berbeda dengan saat Anda meningkatkan status menjadi agen/distributor. Kumpulkan keuntungan saat Anda sebagai reseller untuk modal mendapatkan posisi sebagai agen/distributor dari produk yang Anda jual. 

Dengan memiliki keuntungan lebih besar sebagai agen/distributor, maka anda dapat merekrut reseller sebagai tim anda, dengan memberikan sebagian keuntungan anda sebagai agen/distributor kepada reseller anda. Anda bisa mulai mengalihkan fungsi bukan lagi hanya sebagai penjual, tetapi mulai merekrut dan mendidik reselle di tim Anda. Fokus Anda berubah dari semula hanya berjualan menjadi mulai mendidik para reseller dan mempersiapkan sistem penjualan bagi para reseller anda. 

Sistem kerja yang sudah Anda terapkan saat menjadi reseller, hingga meraih kesuksesan harus Anda tularkan dan duplikasikan kepada bisnis Anda. Didiklah para reseller anda sebaik mungkin agar mereka bisa sesukses Anda. Untuk itulah Andapun harus terus meningkatkan kapasitas ilmu anda, agar dapat mendidik reseller anda dengan baik dan mampu menciptakan sistem yang baik pula untuk tim Anda. Itulah cara terbaik untuk meningkatkan kapasitas Anda, hingga menjadi seorang pengusaha.

Itulah beberapa strategi sukses bisnis modal kecil sebagai reseller yang penulis bisa bagikan dalam artikel kali ini. Bagi Anda yang tertarik untuk lebih mendalami dan memahami detil langkah demi langkah memulai bisnis reseller online sukses menggunakan berbagai media online seperti BBM  dan facebook, dapat memiliki buku karya Mas Zain Fikri dan Izadian yaitu Buku Dikejar Duit dari Facebook dan Ternak Tuyul di BlackBerry. Silahkan kontak Pin BB : 27C69F90 atau HP : 087821830344 atau WA : 088218454806 untuk pemesanan kedua buku tersebut.

Semoga Bermanfaat.......
  


0 Response to "Strategi Sukses Bisnis Modal Kecil Sebagai Reseller Online "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel