Bisnis Modal Kecil Metode Problem Solving Secara Online

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis modal kecil Anda. Salah satunya adalah dengan mencoba menemukan pemecahan masalah atau problem solving dari permasalahan yang muncul di tengah-tengah kehidupan anda sendiri atau dilingkungan sekitar anda. Bagi pemula yang kesulitan dalam hal permodalan, memulai bisnis dengan cara ini terlebih dahulu merupakan salah satu langkah terbaik. Di samping bisa menemukan solusi dari masalah yang mungkin sedang anda hadapi, juga bisa membantu mereka yang memiliki masalah yang sama dengan anda.

Bisnis dengan metode problem-solving adalah metode dimana sebuah permasalahan, konflik, harus diselesaikan dengan sebuah solusi yang nantinya bisa diarahkan untuk menciptakan sebuah bisnis. Setiap orang memiliki masalah dan setiap masalah ada solusinya. Banyak orang yang telah berhasil keluar dari permasalahan yang dihadapinya, bisa menjadikan hal tersebut sebagai produk atau layanannya yang bisa menghasilkan uang.

Problem Solving Bisnis Online

Lalu bagaimana penerapan metode problem-solving untuk kepentingan membangun bisnis modal kecil anda, yang akan dijalankan secara online? Berikut penjelasan sekaligus langkah-langkah penerapan metode problem-solving dengan menggunakan modal bisnis yang terbilang cukup kecil.

Ketahui Masalah Yang Harus Diselesaikan Para Ahli

Ketahui beberapa masalah anda atau bisa mengandalkan masalah terdahulu yang pernah anda alami namun berhasil keluar darinya. Dalam hal solusi, apakah anda sampai mengandalkan beberapa ahli agar bisa keluar dari masalah?

Sebagai contoh adalah mengenai permasalahan tidak bisa bahasa inggris. Anda memiliki kelemahan dalam daya ingat untuk menguasai kosakatanya. Anda mencari panduan belajar dan mendapatkannya agar bisa keluar dari masalah. Hasilnya, anda bisa menguasai bahasa inggris dalam waktu 3 tahun saja sampai bisa ngobrol inggris sama bule-bule di internet.

Berbagai teknik dan cara yang anda terapkan hingga bisa menguasai bahasa inggris dengan lancar dan baik dalam waktu 3 tahun, bisa anda rumuskan dan buat pola-polanya agar lebih teratur dan sistematis. Pola-pola pembelajaran ini lah yang anda dapat jadikan sebagai solusi bagi permasalahan yang sama yang dihadapi orang lain. Bagi anda pola-pola dan teknik tersebut merupakan bagian dari rencana produk bisnis anda yang nantinya dapat anda pasarkan secara online.

Pengemasan Solusi Untuk Bisnis Secara Online

Bagaimana mengenai pengemasan produk bisnis anda dengan mengandalkan modal kecil? Proses ini mungkin bisa menjadi proses yang berat untuk memulai bisnis modal kecil. Kenapa berat? Karena bisa jadi dalam pengemasannya membutuhkan modal bisnis yang besar. Ya, bisa membutuhkan modal yang besar. Bila menggunakan media ebook, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membeli software-nya. Apalagi menggunakan video, pembelian software pembuat video tentu bisa lebih mahal lagi.

Sebagai langkah awal Anda harus cari aman dalam memulai bisnis penjualan produk informasi. Jangan sampai anda menguras modal besar diawal, masih banyak cara-cara terbaik dan murah untuk memulai bisnis modal kecil anda dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Lalu bagaimana caranya?

Pertama, anda harus menitikberatkan informasi yang bisa terbantu hanya dengan media tulisan dan gambar maupun video. Bila menjual panduan bahasa inggris maka jangan terlalu berfokus pada conversation-nya kecuali jika anda sudah memiliki perekam suara yang bagus akan tetapi bisa jadi mahal. Untuk perekam suara dan video sederhana anda dapat juga menggunakan gadget kamera yang ada pada perangkat handphone anda, atau perangkat web camera yang ada pada laptop anda. Akan tetapi bila perangkat itu belum anda miliki anda bisa berfokus pada pengemasan produk informasi berbentuk tulisan saja.

Kedua, gunakan berbagai media gratisan yang banyak beredar di internet, salah satunya dari Blogger untuk tulisan maupun video gratis melalui channel youtube. Manfaatkan segala resource yang sudah ada seperti kamera pada handphone anda, ataupun webcam pada layar laptop anda. Gunakan perangkat tersebut untuk membuat video pembelajaran langkah demi langkah untuk kemudian anda upload pada channel youtube ataupun update postingan artikel anda di Blogger.

Untuk pembuatan blog pembelajaran anda dapat membuat blog yang bersifat rahasia, khusus untuk member blog anda saja. Anda tinggal menyetting mengenai target pembaca blog.

Dengan cara di atas, anda sudah bisa memulai bisnis modal kecil anda saat ini juga, karena tidak mengeluarkan modal besar hanya untuk pengemasan produk.

Kenalkan Solusi Anda Untuk Konsumen Yang Senasib

Anda sudah bisa menebak, siapa saja yang bisa dijadikan target penjualan produk. Tentunya dengan memperhatikan pengalaman terdahulu mengenai masalah dan solusi dari anda sendiri. Bagaimana langkah praktisnya untuk mengenalkankan ke target yang tepat?

Solusi terbaik adalah membuat blog dengan tema  yang sesuai dengan niche market produk anda, tidak ada yang lain. Pada dasarnya memang seperti itu. Dengan niche market yang sesuai untuk produk anda tentunya anda harus mendatangkan trafik pengunjung yang banyak ke blog anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan menguasai teknik SEO. Selain itu anda dapat pula memanfaatkan social media untuk mempromosikan blog anda kepada target pengguna social media yang sesuai dengan niche blog anda.


Andai anda menjual produk panduan bahasa inggris maka cara terbaik adalah mengambil tema besarnya yaitu tentang tips belajar dan mengajar. Ini langkah terbaik membuat blog niche.

0 Response to "Bisnis Modal Kecil Metode Problem Solving Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel