Mau Buka Toko Online Baju? Cobalah 6 Tips Ini

Ada berbagai jenis produk yang meramaikan jagat online dengan konsep toko onlinenya termasuk jenis penjualan baju. Anda pun bisa memilih jenis produk ini. Walaupun toko online untuk produk baju sudah banyak bertebaran di dunia maya akan tetapi bukan berarti Anda tidak dapat memulai bisnis ini. Perlu langkah-langkah strategis dan tepat agar toko online baju yang baru anda rintis bisa menuai kesuksesan.
toko online baju
Dalam hal bisnis toko online ini Anda perlu untuk berfokus menjual produk baju saja. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada produk pakaian lain yang juga Anda jual. Hal ini perlu dilakukan agar nama atau brand Anda mudah diingat. Untuk itu dalam strategy mendatangkan trafik menggunakan SEO, Anda harus menarget penjualan produk baju yang akan dipasang sebagai kata kunci di toko online baju Anda. Sebelumnya tentu Anda harus mengadakan riset pasar sebagai pencarian pasar yang tepat dan tertarget. Caranya bisa dengan Google Keyword Planner.

Sebagai contoh, bila hasil riset yang anda lakukan ternyata mendapatkan hasil seperti ini:

• toko online baju: 1900
• Baju Anak Branded Murah: 3600
• Baju Wanita Murah: 1600
• Jual Baju Murah : 1900
• Jual Baju Online Murah: 1900
• Baju Wanita: 9900

Apa langkah berikutnya yang harus dilakukan dan bagaimana strategi penerapan kata kunci di atas? Ini yang harus anda perhatikan. Anda memang menjual produk baju namun harus ditentukan baju apa yang dimaksud agar bisa mengambil kata kunci yang cocok. Misal mau menjual baju anak maka bisa memilih kata kunci, “Baju Anak Branded Murah” sebagai judul. Tentunya baju branded yang berharga murah. Semakin detil kata kunci yang didapat akan semakin baik, tentunya juga dengan memperhatikan signifikansi dari banyaknya pencarian kata kunci tersebut. Tujuannya adalah mendapatkan kata kunci spesifik tentang suatu produk atau sering disebut “long tail keyword” dalam teknik SEO,yang memiliki jumlah pencarian signifikan menurut google Keyword Planner.


Setelah itu, anda bisa memperhatikan langkah-langkah pembuatan toko online baju berikut ini, dengan harapan pengunjung yang datang dari Google atau lainnya membeli produk anda.

1. Cari Tahu Keunikan Produk dan Sebarkan

Mengetahui keunikan pada produk baju yang anda jual memang penting. Hal ini bisa dilakukan bila anda sendiri meriset lebih dalam berbagai baju yang dijual para pesaing. Barangkali pesaing menjual produk baju dengan merek berbeda dengan anda walaupun sejenis.

Namun biasanya − anggap saja seperti ini – pesaing anda pun menjual baju dengan merek yang sama dan jenis yang sama. Bila kejadian seperti itu, anda tetap harus menjelaskan keunikan baju yang dijual. Bahkan jika diperlukan sebagai pelengkap dari deskripsi produk anda, perlu juga untuk menjelaskan lebih lengkap tentang produk baju tersebut, seperti bahannya, designnya, motif yang ada dan lain sebagainya dengan tujuan agar calon pelanggan yang berkunjung ke toko online baju Anda, merasa nyaman dan puas mendapatkan informasi yang lengkap tentang baju yang sedang di taksirnya.
Anggap saja pesaing anda saudara anda yang tidak perlu dilawan. Namun tetap, yang namanya penjualan harus laku terjual melebihi pesaing anda. Maka dari itu buat sesuatu yang berbeda dari pesaing mengenai teknik penjualannya.

2. Buat Nama Toko Baju Online Mudah Diingat, Relevan dan Menarik

Membuat nama toko online menjadi hal penting mengingat nama toko tidak bisa ditiru bila harus dijadikan nama domain. Anda bisa mencari nama toko online baju apa saja. Namun yang jelas harus mudah diingat, relevan dan menarik. Agar bisa dijadikan nama domain, biasanya dimasukkan kata-kata menarik atau nama pribadi pemilik seperti “Baju Online Nila” dan sebagainya. Ada banyak nama yang bisa dimasukkan kata baju dalam nama domainnya.

3. Ketahui dan Tiru Kompetitor

promosi toko online baju
Terkait dengan riset pesaing seperti yang dijelaskan diawal, paling mudah anda lakukan adalah dengan mengamati kompetitor yang lebih dulu berjualan dan sukses. Pelajari cara pesaing menjalankan bisnisnya mulai dari bagaimana strategi display produknya, deskripsi/penjelasan tentang produk, strategi harga, strategi pemasaran, merupakan beberapa indikator yang bisa Anda amati dari kompetitor Anda.

Khusus dalam hal strategi marketing, produk, harga, pelayanan, anda tidak ada salahnya jika meniru standarnya yang pesaing terapkan. Bila sudah meniru standarnya, anda harus membuat yang berbeda. Berbeda dengan pesaing tentu diharapkan bisa mendapatkan penjualan yang terbaik. Bila tidak ada perubahan, maka perbaiki lagi perbedaannya.

4. Buat Tampilan Website yang Baik

Jangan karena bisnis modal kecil lantas anda mengandalkan tampilan jelek untuk toko online baju anda. Memiliki website yang baik bukan berarti harus mewah. Anda bisa mengandalkan website dengan harga murah namun yang penting adalah website toko online tampil profesional dan memudahkan pengunjung

5. Kelola Isi Toko Online dengan Baik

Perhatikan foto yang anda pasang. Bila tampilannya jelek, ganti dengan yang bagus. Foto akan mempengaruhi nilai jual produk anda. Bila hanya karena foto membuat penjualan anda sedikit, tentu hal yang konyol. Pecuma saja berbagai strategi marketing yang anda lakukan. Tentunya anda harus menghindari dengan baik hal-hal kecil namun ternyata bisa mengurangi penjualan. Memilih gambar yang terbaik memang dianjurkan dan bisa dikatakan wajib. Bahkan ada toko onnline baju yang rela membayar artis. Solusi memakai artis tentunya memilih produsen baju yang sudah menangani hal ini.

Dalam membuat deskripsi pun anda harus jujur. Harus jujur disini juga diartikan dengan mengetahui hal yang sebenarnya mengenai produk yang anda jual. Tujuannya agar anda bisa menjelaskan yang sebenarnya.

0 Response to "Mau Buka Toko Online Baju? Cobalah 6 Tips Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel