Cara Jualan Online di Facebook Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Modal Kecil

CARA JUALAN ONLINE DI FACEBOOK. Saat ini, istilah facebook marketing atau cara jualan di facebook sepertinya sudah tidak asing lagi. Hampir semua orang sudah mengenal facebook, bahkan mungkin sudah menggunakannya secara rutin. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua, bahkan ibu-ibu rumah tangga pun sudah tidak asing dengan facebook. Ada yang menggunakannya sekedar untuk mencari teman, ajang silaturahmi dengan keluarga dan sahabat, hingga memanfaatkan facebook sebagai media promosi dan penjualan produk bisnis rumahan atau bisnis modal kecil yang sedang mereka jalani.


Tidak sedikit para pengguna facebook yang awalnya hanya menjadikan facebook sebagai media bersosialisasi, perlahan mulai melirik dan menggunakan facebook marketing sebagai media untuk mempromosikan jualan mereka.

Alasan Cara Jualan Online di Facebook Dapat Meningkatkan Penjualan dan Menjadi Popular


Cara meningkatkan penjualan melalui media facebook banyak disukai oleh para pelaku bisnis modal kecil di Indonesia, disebabkan efektifitas serta beragam fitur minim modal bahkan gratis yang disediakan oleh facebook sangat bermanfaat bagi bisnis mereka.
.
Jumlah pengguna facebook yang sangat banyak, menjadikan promosi produk menjadi efektif, mudah dan murah. Indonesia hingga Desember 2014 menempati urutan ke 4 dunia sebagai negara dengan pengguna facebook aktif terbesar, yaitu sekitar 65 juta akun facebook. Tentu saja data ini menunjukkan besarnya potensi market yang bisa disasar oleh para pelaku bisnis online.

Fitur dan aplikasi yang tersedia di facebook, sangat memungkinkan setiap penggunanya untuk saling terhubung dengan pengguna lain diseluruh dunia secara gratis maupun berbayar. Kemudahan distribusi informasi antara satu akun facebook dengan akun lainnya, serta besarnya jumlah pengguna facebook yang sudah mencapai miliaran di seluruh belahan dunia, menjadikan facebook sebagai salah satu media promosi yang paling diminati.

Beberapa fitur gratis dari facebook yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan diantaranya Akun facebook profile/personal, Page, Group, Event, Chat, Note, Album, Graph Search, dan lain-lain. Bahkan saat ini sudah ada fitur terbaru dari facebook yaitu Shop Section. Semacam fitur untuk menampilkan list produk-produk yang mau kita jual (layaknya web toko online) yang sangat membantu eksistensi dari produk kita dunia maya melalui facebook.

Bagi para pebisnis online kawakan yang sudah lebih dahulu terjun dalam dunia penjualan online, tidak mau ketinggalan memanfaatkan facebook marketing sebagai media penjualan, selain menggunakan pola lama untuk mendatangkan pengunjung (traffic generating) melalui metode SEO (search engine optimization). Kemudahan dan kepraktisan serta potensi database market yang besar, ditambah dengan banyaknya altenatif fitur gratis dan powerful yang tersedia, merupakan beberapa alasan utama pemanfaatan facebook sebagai ujung tombak solusi dan cara meningkatkan penjualan dan omset bisnis modal kecil mereka.

Dengan kata lain, jika Anda tahu cara jualan online di Facebook atau Facebook Marketing secara optimal, baik yang gratis maupun berbayar, maka pangsa pasar produk Anda akan semakin luas, tidak terbatas hanya pada wilayah lokal saja, tetapi sekaligus juga internasional. Semuanya bisa Anda dapatkan tentunya dengan biaya / cost yang jauh lebih murah dibandingkan dengan cara-cara konvensional.

Fasilitas Facebook Marketing Untuk Bisnis Modal Kecil Anda


1. Akun Facebook Personal (facebook profile)

Saat anda membuat akun facebook maka secara otomatis anda akan memiliki fitur dari facebook profile. Fungsi dari facebook profile / akun facebook ini adalah sebagai media bersosialisasi secara online antar member/teman dalam network facebook.

Gunakan nama anda sebagai nama akun facebook profile ini, dan sebaiknya tidak menggunakan nama bisnis karena ada kemungkinan ditolak oleh aturan / TOS facebook.

Walaupun bertujuan untuk media bersosialisasi, akun facebook profile ini pun dapat digunakan sebagai media berjualan yang sangat efektif. Kenapa ? Karena akun facebook profile secara fungsi bersifat personal.

Syarat utama agar Anda dapat berjualan dan jualan Anda bisa laris manis adalah Anda harus memiliki banyak database. Apa itu database ? Database itu adalah calon pembeli yang memiliki minat dan butuh terhadap produk yang akan kita tawarkan. Bukan hanya berminat tetapi merekapun memiliki daya beli terhadap produk yang nanti akan kita tawarkan. Jika database banyak maka order pun insya Allah akan berdatangan.

Oleh karena itu langkah awal sebelum Anda berjualan menggunakan akun profile, adalah menambahkan jumlah pertemanan Anda. Teman-teman facebook Anda nantinya adalah database target market Anda ketika akan berjualan. Agar teman yang anda tambahkan adalah calon-calon pembeli yang berminat atau membutuhkan produk yang Anda akan tawarkan, maka sangat penting untuk menambahkan teman-teman yang memiliki keterikatan kuat dengan produk yang nanti akan Anda jual. Istilahnya adalah teman-teman tertarget, atau market tertarget atau sering juga diistilahkan dengan kolam ikan. Dimana ikan-ikannya adalah teman-teman facebook Anda yang suatu saat nanti siap untuk dipanen, yaitu siap untuk membeli produk-produk yang Anda tawarkan.

Tentu dibutuhkan teknik tertentu pada saat Anda menggunakan cara berjualan online di facebook, dengan menambahkan teman-teman facebook Anda hingga bisa menjadi teman tertarget. Untuk facebook profile jumlah pertemanan yang dibolehkan maksimal hanya 5000 pertemanan. Semakin besar database pertemanan Anda, maka akan semakin besar jumlah potensi market jualan Anda. Oleh karenanya disarankan untuk memiliki lebih dari 1 akun profile untuk meningkatkan efektifitas dan konversi dari penjualan Anda kelak.

Bayangkan jika Anda sudah memiliki 5 akun facebook personal, dengan masing-masing akun memiliki 5000 teman tertarget. Berarti Anda telah memiliki 25.000 calon pembeli potensial yang siap "melahap" produk yang akan Anda tawarkan. Itu bisa diartikan jika Anda melakukan 1 kali iklan / posting status jualan, maka akan ada kemungkinan iklan postingan status Anda dibaca oleh 25.000 teman-teman facebook Anda. Andaikan saja closing rate dari iklan postingan status Anda hanya 0.1%, berarti produk yang Anda tawarkan akan dibeli oleh 25 teman facebook Anda. Seandainya profit per produk hanya Rp. 25.000, berarti dalam sekali posting Anda akan mendapatkan keuntungan Rp. 625.000. Asyik bukan .... :)

Itu baru asumsi jika hanya dibaca oleh teman-teman facebook Anda saja, bagaimana jika postingan status jualan Anda memiliki efek viral ? Yaitu efek berantai, yang berarti akan ada orang lain yang menjadi teman-teman dari teman-teman facebook Anda yang juga akan membaca penawaran Anda tersebut !!! Itulah keajaiban dari promosi penjualan melalui social media seperti facebook. Sehingga tidaklah heran saat ini begitu banyak anak-anak muda yang sudah menjadi miliuner dengan berdagang online hanya melalui social media seperti facebook, instagram, twitter dll.

Tentu saja semua cara jualan secara online di facebook itu tidaklah semudah membalik telapak tangan. Ada langkah-langkah dan proses yang harus dilakukan dan ditekuni sebelum Anda dapat memanfaatkan "keajaiban" dari pemasaran online melalui internet khususnya social media facebook ini.

Setelah Anda menambahkan secara bertahap teman-teman tertarget maka langkah berikutnya adalah bangun komunikasi dua arah Anda dengan teman-teman Anda. Dibutuhkan teknik tertentu agar dapat terbangun interaksi yang intens serta meningkatkan edge rank facebook (suatu algoritma internal aplikasi facebook yang memungkinkan informasi status postingan Anda akan dibaca oleh sebanyak mungkin teman facebook Anda). Melalui komunikasi dua arah akan terbentuk kepercayaan/trust dari teman facebook Anda. Pada akhirnya produk yang anda jual nanti, akan dengan mudah diterima dan mendapat respon baik berupa pembelian produk dari teman-teman tertarget Anda.

Facebook marketing melalui akun facebook profile, memang membutuhkan waktu relatif lebih lama dibandingkan dengan menggunakan metode berbayar. Selain itu dibutuhkan juga strategi dan trik-trik tertentu agar kolam ikan yang Anda bangun bisa menghasilkan ikan-ikan yang siap panen. Kalau sudah terbangun dengan baik, maka tanpa biaya promosi sama sekali, Anda akan bisa mendapatkan penjualan yang maksimal tidak kalah dibandingkan menggunakan promosi berbayar.

Berbagai teknik dan strategi serta cara jualan online di facebook personal dengan menggunakan fungsi-fungsi facebook gratis tersebut, sudah dibahas tuntas dan terbuka oleh salah seorang pebisnis online GAPTEK tapi sangat sukses, karena bisa menghasilkan omset ratusan juta hanya melalui facebook personal yang dikombinasikan dengan aplikasi BBM ataupun Whatsapp.

Bagi Anda yang berminat dengan solusi dan berbagai teknik atau cara jualan online di facebook melalui facebook personal dapat segera memiliki buku-buku karangan Kang Dewa Eka Prayoga, yang sangat terkenal dengan kemampuan sellingnya, hingga dijuluki Dewa Selling. Seluruh rahasia dan strategi untuk menjual dengan mudah dan laris melalui facebook personal akan di bahas tuntas dan lugas dalam buku-buku karya Kang Dewa.

Beberapa diantaranya adalah, buku Main Facebook, Gara-Gara Facebook, ataupun bukunya yang ditulis berdua dengan Mas Alfi Syahrin, berjudul Copywriting Emak-emak. Jika tertarik silahkan Anda menghubungi kami melalui kontak / link berikut ---> Order Buku-buku Facebook Marketing Kang Dewa.


Khusus untuk buku yang diberi judul Copywriting Emak-emak, ditulis bersama Mas Alfi Syahrin, berdasarkan pengalaman Mas Alfi Syahrin saat berhasil membina ribuan resellernya di bawah brand B-Erl Cosmetic. Prestasinya pun sangat mengagumkan, karena mampu menduduki peringkat terbaik selama 12x tanpa terkalahkan. Omset teamnya yang terdiri dari para emak-emak ini mampu menembus hingga milyaran rupiah perbulannya.

Sungguh pencapaian yang tidak main-main. Bermodalkan akun-akun gratisan di berbagai platform social media, seperti facebook personal, Instagram, twitter, dilengkapi dengan aplikasi chat seperti Whatsapp, Line dan telegram, para emak-emak ini mampu menghasilkan omset yang luar biasa.

Semuanya dihasilkan dari iklan-iklan penawaran yang menarik, elegan, dan mampu membius para pembaca hingga tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan dengan sukarela. Iklan-iklan penawaran atau lebih akrab disebut dengan copywriting inilah yang dirangkum dalam buku Copywriting emak-emak.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis, atau meningkatkan omset bisnis melalui teknik curhat yang elegan, menarik, dan mampu membius pembaca dan sahabat-sahabat maya anda, jangan lewatkan kesempatan langka ini. Masa Pre-Order Buku Copywriting Emak-emak, hanya berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 27 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019. Jadi jangan sampai anda ketinggalan momen special ini.

2. Facebook Fans page dan Facebook Ads

Fanpage facebook merupakan salah satu fitur yang disediakan gratis oleh facebook. Perbedaan yang mendasar dari cara jualan online di facebook fanpage dibandingkan dengan facebook profile adalah jumlah member atau teman pada facebook profile. Member pada fanpage facebook lebih sering disebut dengan istilah "liker", karena untuk bisa menjadi member suatu fanpage diperlukan meng-klik tombol "like" yang disediakan pada fanpage yang dituju, sedangkan pada facebook profile menggunakn tombol "add friend".

Jumlah member atau liker pada fanpage tidak dibatasi. Oleh karenanya Anda dapat menambahkan jumlah liker fanpage Anda sebanyak-banyaknya, dengan mengundang / invite mereka untuk me-like halaman fanpage Anda, agar tetap dapat menerima update postingan Anda setiap saat.

Fanpage facebook memang difungsikan sebagai ajang promosi dari bisnis Anda, sehingga nama bisnis modal kecil Anda dapat Anda terapkan pada nama fanpage facebook Anda. Fanpage juga merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan untuk anda melakukan promosi iklan berbayar dari facebook. Sehingga secara pemanfaatan fanpage facebook lebih utama digunakan untuk pelaku bisnis online yang ingin memanfaatkan iklan berbayar dari facebook.

Cara jualan online di facebook dengan menggunakan solusi berbayar yang ditawarkan melalui media iklan, dikenal dengan nama facebook ads (facebook advertising). Melalui media ini para pengguna / advertiser bisa memasang iklan produk mereka melalui facebook agar dapat dilihat oleh pengguna facebook yang Anda targetkan diseluruh dunia secara cepat. Selain itu saat ini iklan facebook juga sudah dapat dijalankan pada aplikasi berbagi foto instagram yang juga telah dimiliki oleh facebook. Dikutip dari Beritagar, saat ini Indonesia merupakan negara terbesar sebagai pengguna instagram setelah Jepang dan Brasil. Sebagai gambaran saat ini pengguna instagram di seluruh dunia sudah melebihi angka 400 juta pengguna. Jadi sangat disayangkan jika Anda sebagai pemilik bisnis tidak turut memanfaatkan kelebihan dari kedua social media ini.

Walaupun ada konsekwensi beban biaya iklan yang dibebankan kepada para advertiser pengguna facebook ads, akan tetapi jika dibandingkan dengan hasil yang akan didapat tentu biaya iklan tersebut menjadi sangat murah terlebih jika dibandingkan dengan pemasaran cara konvensional melalui media promosi offline ataupun media audio visual seperti iklan TV, radio, majalah/surat kabar dan spanduk/media promosi fisik lainnya. Besar kecilnya biaya iklan ini sangat bergantung kepada keahlian dan ketepatan Advertiser dalam menargetkan pengguna facebook yang menjadi sasaran pasarnya. Semakin tepat target pasar yang Anda tetapkan maka tingkat keberhasilan iklan Anda akan semakin besar dan otomatis biaya iklan Anda akan semakin kecil.

Bagi Anda yang tidak suka dengan cara berjualan yang agak berlama-lama, atau ingin cepat menghasilkan, maka cara jualan online di facebook metode berbayar ini merupakan solusi yang tepat. Kemampuan Anda untuk membuat iklan yang tepat sasaran akan memberikan dampak terhadap penjualan yang maksimal dengan beban biaya yang kecil. Akan tetapi bila skill atau kemampuan beriklan Anda belum terasah, tidak menutup kemungkinan cara jualan online di facebook dengan metode berbayar ini hanya akan menghambur-hamburkan biaya iklan Anda tanpa hasil yang sepadan. Oleh karena itu pastikan sebelum Anda menerapkan promosi dengan iklan berbayar facebook ini, Anda sudah memiliki kemampuan dan skill yang tepat. 

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan bila Anda memiliki modal lebih yaitu dengan membeli jasa pengiklan facebook ads yang terpercaya. Hal ini akan mempersingkat proses belajar Anda dan mengurangi kerugian Anda akibat proses belajar dan trial error terhadap penggunaan facebook ads. Selain itu Anda juga akan bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis Anda. Tentunya besar kecilnya biaya iklan yang harus Anda keluarkan akan sangat tergantung dari ketepatan Anda memilih jasa pengiklan. Pastikan Anda memiliki referensi yang cukup atas kinerja dari jasa pengiklan yang akan Anda gunakan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Ikutlah bergabung pada forum-forum atau group facebook terkait dengan facebook ads untuk bisa mendapatkan informasi dan referensi dari penyedia jasa iklan fb ads yang handal dan terpercaya. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari pemborosan biaya dan menghambat perkembangan bisnis modal kecil Anda sendiri kedepan.

Bagi Anda yang memang memiliki minat untuk belajar mengenai pemanfaatan iklan facebook untuk bisnis Anda, silahkan klik disini ---> facebook marketing berbayar.

Saksikan videonya di sini :





Pada akhirnya semua tools atau alat dan cara jualan online di facebook ini, bertujuan untuk membantu mempermudah dan meningkatkan performance dari bisnis Anda. Akan tetapi untuk dapat memanfaatkan secara optimal dari berbagai tools tersebut tentunya tidak semudah yang Anda bayangkan dan tidak akan sama untuk setiap orang ataupun bisnis yang sedang Anda jalani.

Pastikan Anda memiliki mentor yang tepat dan sudah lebih dulu berhasil dengan teknik atau metode yang akan anda terapkan di bisnis modal kecil Anda ini. Pastikan juga Anda memilih cara jualan online di facebook dengan metode yang paling sesuai dengan kemampuan dan kapasitas serta kondisi bisnis Anda saat ini. Fokus pada satu teknik dan metode serta ditekuni dengan sungguh-sungguh hingga menghasilkan, menjadi rahasia kesuksesan dalam berbisnis modal kecil namun bisa untung besar.

Semoga bermanfaat.



BEST SELLER !!! Buku Dikejar Duit Dari Facebook
(Rahasia Menghasilkan Omzet Ratusan Juta Modal Facebook Walaupun Gaptek)



atau Silahkan Hubungi kontak berikut ini : 
HP : 087821830344
BB : 27C69F90
WA : 088218454806



0 Response to "Cara Jualan Online di Facebook Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Modal Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel