8 Tips Cara Membuat Blog Bisnis Agar Banjir Pengunjung



CARA MEMBUAT BLOG BISNIS AGAR BANJIR PENGUNJUNG. Website bisnis atau blog bisnis saat ini boleh dibilang sudah menjadi kebutuhan mutlak suatu bisnis. Hal ini berlaku juga untuk bisnis konvensional yang punya potensi diperluas pasarnya melalui internet. Dengan web atau blog bisnis, aktifitas marketing bisnis dapat dijalankan dengan lebih luas lagi dan dari sisi biaya bisa menjadi lebih efektif.

Tanpa sebuah website atau blog tentunya perusahaan/bisnis anda harus mengeluarkan biaya promosi/iklan yang cukup besar. Jadi sesungguhnya memiliki web/blog bisnis merupakan salah satu cara yang sangat bermanfaat untuk memangkas permodalan marketing suatu bisnis. Oleh karena itu, pembuatan web / blog bisnis harus dilakukan dengan perencanaan yang matang, baik dalam hal mengisi konten blog, memarketingkannya dan sebagainya, agar blog yang anda buat benar-benar bisa menjadi ujung tombak penjualan / pemasaran bisnis anda.

Perkembangan internet dan berbagai penyedia jasa domain dan hosting saat ini yang sudah menjamur berakibat pada bersaingnya harga produk-produk mereka. Saat ini dengan biaya modal yang relatif murah anda sudah dapat memiliki sebuah blog bisnis profesional seperti layaknya perusahaan besar. Bila dibandingkan dengan biaya iklan konvensional, maka biaya pembuatan blog dan maintenance akan jauh lebih murah. Untuk itu Anda harus tahu cara membuat blog bisnis agar memliki banyak pengunjung. Salah satunya anda harus pintar dan jeli dalam melihat strategi promosi website / blog bisnis Anda kedepannya, sehingga senantiasa banjir pengunjung. Jumlah pengunjung yang melimpah merupakan tanda-tanda awal kesuksesan bisnis Anda.

Berikut beberapa langkah dan tips cara membuat blog bisnis anda agar kebanjiran pengunjung setiap harinya:

1. Memilih Layout Template Blog yang Baik

Menentukan jenis layout template berdasarkan karakter blog yang anda buat memang hal yang harus dilakukan dengan tepat. Berikut jenis layout yang bisa anda pakai:

- Layout tiga kolom dengan dua sidebar dan kolom konten utama
- Layout dua kolom dengan satu sidebar dan kolom konten utama
- Layout satu kolom yang hanya berisi kolom konten utama

Bila blog anda berisi para tim penulis yang mengurusi berbagai tema dalam satu blog, maka memilih layout tiga kolom adalah yang terbaik. Biasanya situs blognya seperti situs portal berita. Namun bila hanya mengandalkan satu penulis yaitu anda sendiri, bisa memakai layout dua kolom. Bagaimana layout satu kolom? Satu kolom untuk kepentingan sales letter penjualan produk saja.

2. Template Blog Bisnis Anda “Mobile Friendly”

Pada intinya memakai blog yang responsive. Dengan menggunakan blog tersebut, tentunya akan fleksibel dalam penampilan blog. Blog responsive akan menyesuaikan tampilan sesuai ukuran layar. Namun hasil perubahan tampilan akan tetap dalam kondisi desain yang sama. Rata-rata pengunjung blog berasal dari smartphone kecuali blog yang berisi tutorial berupa gambar.

Alangkah baiknya membeli template blog. Pahami mengenai penawarannya. Biasanya ada kata “responsive” dan juga “SEO Friendly”.

3. Buat Form Berlangganan

Menggunakan layanan Feedbunner biasanya solusi terbaik dalam membangun daftar pelanggan untuk bisnis modal kecil. Karena memang tidak membutuhkan biaya untuk memanfaatkan layanan tersebut. Hanya saja tampilannya tidak profesional karena gratisan. Cukup bermanfaat untuk menghasilkan kunjungan dari pelanggan feed blog anda.

4. Setting SEO Pada Blog Anda

Kesuksesan sebuah blog berawal dari pengoptimalan Onpage SEO. Anda harus paham dalam merancang Onpage SEO yang baik dan tepat untuk menghasilkan kunjungan melebihi yang anda inginkan. Bila menginginkan mendapat kunjungan lebih dari 1000 per hari, tentunya harus memasangkan kata kunci yang tepat dalam deskripsi blog anda. Intinya jangan sembarangan dalam hal menyetting SEO pada blog, dalam hal ini Onpage SEO, agar keinginan anda terwujud.

5. Buat Fanspage Untuk Share Artikel Blog Dengan Mudah

Uji coba sederhana membuktikan fanspage ternyata bisa mengalirkan trafik kunjungan ke blog setiap kali artikel kita di share. Hanya saja bila ingin mendapatkan liker yang cepat dibutuhkan pemanfaatan iklan berbayar yang cukup lumayan. Untuk mendapatkan liker fanpage dibutuhkan biaya iklan yang cukup besar bagi para pemula yang sedang memulai bisnis dengan modal kecil. Sebagai gambaran untuk dapat menghasilkan sekitar 1000-an liker akan membutuhkan biaya iklan sekitar 500.000 – 1.000.000. Semakin banyak jumlah liker tertarget sesuai dengan niche blog anda tentu akan menghasilkan lebih banyak trafik kunjungan ke blog anda. Biasanya jumlah liker minimum yang sering dijadikan sebagai standard untuk dapat menghasilkan kunjungan yang signifikan adalah kisaran minimum 5000 liker.

Pemanfaatan iklan berbayar tentunya merupakan pilihan yang dapat menjadi alternatif untuk memperbanyak jumlah liker fangage bisnis anda. Bagi anda yang memang benar-benar memulai bisnis dengan modal kecil tetap dapat membangun fanpage bisnis anda tanpa iklan yaitu melalui cara jualan online di facebook manual. 



6. Update Konten Tulisan Menarik Secara Rutin Dan Tidak Renggang

Cara membuat blog bisnis agar banjir pengunjung bisa juga dilakukan dengan melalui teknik SEO (search engine optimization). SEO merupakan teknik yang memanfaatkan algoritma google agar situs kita bisa tampil di halaman pertama google ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu. Sekarang algoritma SEO Google lebih mendukung blog yang melakukan update artikel secara rutin. Kenapa? Karena kalau 1 halaman anda menarget niche market dengan harapan bisa nangkring di halaman pertama, sekarang sudah banyak halaman blog niche market yang berisi halaman pendukungnya agar blog niche market bisa nangkring di halaman pertama. Artinya halaman anda tetap terkalahkan karena tidak memiliki halaman pendukung. Harus selalu update rutin artikel yang berkepentingan untuk menguatkan halaman yang anda targetkan agar bisa menang pesaingan. Meng-update artikel terbaru juga untuk memberikan pelanggan kesegaran inforormasi.

7. Buat Konten Yang Berpotensi Viral

Konten viral adalah konten/artikel yang akan membuat orang yang membaca merasakan manfaat dan ingin membaginya dengan orang lain (dalam hal ini khususnya teman-teman dalam lingkaran pertemanan di social media yang mereka gunakan). Pada prinsipnya kita tidak bisa memastikan suatu konten itu akan menjadi viral. Tapi kita bisa melakukan beberapa hal pada konten kita sehingga berpontensi menjadi viral.

Suatu artikel / konten akan berpotensi menjadi viral bila memiliki beberapa hal sebagai berikut :
- Konten yang unik atau minimal bukan hasil copas artikel orang lain
- Menyajikan fakta bukan fiktif atau bohong apalagi bahasan negatif atau menjelek-jelekkan orang lain atau institusi
- Bahasan yang lagi ngehit atau trend
- Dilengkapi dengan gambar pendukung, video yang sesuai
- Menyentuh emosi pembaca baik berupa konten yang menyedihkan, menginspirasi, cinta kasih sesama manusia, lucu menggemaskan hati pembaca, dan lain sebagainya
- Info yang kontroversi tentang sesuatu hal dalam kehidupan masyarakat
- Akan lebih baik bila dilengkapi dengan infografis dan list (poin-poin pembahasan)
- Artikel yang panjang, jangan terlalu pendek. Biasanya berkisar antara 1500 s/d 2000 kata dengan dukungan gambar dan video yang relevan
- Judul artikel yang unik dan menyedot perhatian pembaca (eye catching)

8. Aktif di Group-group facebook dengan Niche yang sama

Bergabung dalam group-group atau forum yang se-niche dengan blog anda bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan kunjungan ke blog bisnis anda. Carilah group-group facebook yang satu niche dengan blog anda dan memiliki jumlah anggota yang cukup banyak serta aktif. Jadilah member yang aktif dalam group tersebut. Sesekali lakukan sharing link postingan artikel anda dalam group-group tersebut untuk mendapatkan visitor dari member dalam group tersebut ataupun dari teman-teman member group bila mereka membagikan/sharing artikel viral anda.

Dengan menerapkan 8 tips cara membuat blog bisnis agar banjir pengunjung di atas, dan dilakukan secara konsisten maka secara perlahan blog bisnis anda akan menjadi ramai dan mendapatkan banyak kunjungan. Hal ini tentu saja diharapkan akan berdampak pada peningkatan pendapatan blog bisnis anda secara signifikan sehingga anda bukan hanya mendapatkan penghasilan tambahan tetapi sekaligus dapat menjadi sumber utama pendapatan anda.

0 Response to "8 Tips Cara Membuat Blog Bisnis Agar Banjir Pengunjung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel