5 Tips Toko Online Terpercaya Di Mata Konsumen

Ada kalimat yang menarik yang dianggap sebagai ucapan kepercayaan konsumen yaitu, “bukan melihat produknya tetapi melihat siapa pemilik produknya”. Ini menandakan bahwa toko online terpercaya bergantung bagaimana si pemilik dalam menjalankan sebuah bisnis di dunia maya. Apakah si pemilik memiliki rasa tanggungjawab yang besar mengenai bisnisnya atau tidak. Memiliki sikap yang bertanggungjawab, terpercaya, melayani dan ramah terhadap pelanggan bisa diwujudkan dalam operasional dan pelayanan toko online-nya.

Berikut ini adalah 5 tips yang seharusnya dilakukan dan dimiliki oleh pemilik toko online agar toko onlinenya terpercaya di mata konsumen.


1. Desain Toko Yang Profesional Dan Memudahkan Pembelian

Pandangan pertama merupakan momen terpenting dalam bisnis toko online atau bisnis online pada umumnya. Design yang terkesan seadanya dapat menimbulkan ketidakpercayaan pengunjung terhadap toko online anda. Design toko online tidak harus mewah, apalagi bagi pemula yang mengandalkan cara bisnis dengan modal kecil. Terpenting adalah profesional, yaitu tampilan website toko online harus sesuai dengan kebutuhan pengunjung dalam pembelian produk. Memiliki fungsi-fungsi utama dalam toko online wajib dimiliki, diantaranya menu-menu kategori pembelanjaan, tampilan dan foto produk yang jelas dan tertata rapih bahkan terlihat ekslusif, deskripsi produk jelas dan detil, informasi kontak admin / cs toko online yang jelas, tombol keranjang belanja bila dibutuhkan dan lain sebagainya. Ini yang namanya prosional. Bila ada kurang satu di hal yang dibutuhkan ini, akan mengakibatkan kesan tidak profesional.

Selain itu juga design yang memudahkan pembelian merupakan faktor yang tidak boleh dilupakan. Tampilan design yang dibuat janganlah sampai menyusahkan pembelian. Ini salah satu tanda sebagai toko online terpercaya.


2. Fast Respon dan Mudah Untuk Dihubungi

Buat apa menjual produk kalau sulit dihubungi? Sulit dihubungi ditambah lagi respon-nya lama tentu akan berakibat buruk untuk kepercayaan terhadap toko online anda. Penjualan secara offline pun kalau pengunjung harus menunggu lama, tentu akan merasa jenuh. Tentu sama juga dalam penjualan online. Jangan biarkan pengunjung menunggu lama respon terlalu lama dari anda.

Sebagai pengingat saja, penjualan produk fisik secara online mengharuskan untuk selalu aktif merespon cepat di jam kerja yang sudah ditentukan. Kecuali di luar jam kerja. Bila belum siap untuk selalu siap merespon cepat, anda tidak perlu membuka toko online, karena akan sia-sia saja.

3. Garansi Produk Yang Dijual

Memiliki garansi adalah salah satu cara membuat toko online terpercaya. Bahkan strategi garansi berguna untuk menghasilkan penjualan yang banyak. Garansi bisa berlaku untuk barang pengiriman yang tidak sesuai pemesanan, rusak dari awal pengiriman, atau barang tidak nyampe. Pembeli bisa mengembalikan barang yang diterimanya apabila ditemukan kondisi barang tersebut rusak, baik rusak dari awal maupun karena faktor pengiriman. Begitu pula apabila barang yang diterima ternyata tidak sesuai dengan pemesanan.

Strategi garansi ini juga harus disertai catatan bahwa barang yang rusak atau tidak sesuai tersebut harus dikirim balik pada anda, baru produk pengganti akan diberikan menyusul. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan yang dilakukan pembeli.

4. Informasi Lengkap Pada Setiap Produk

Termasuk dalam hal ini adalah tampilan foto yang jelas dan menarik. Jangan memajang foto yang buram atau ada tanda bercak-bercak. Memiliki kamera yang bagus memang penting. Namun biasanya gambar produk bisa dicari di Google Image atau dari suplier produknya.

Penjelasan produk atau deskripsi produk mutlak diperlukan. Tujuannya agar mereka tahu mengenai bahan-bahan atau kondisi asli produknya. Misal mengenai baju. Anda bisa menjelaskan bahan baju, warna yang tersedia, ukuran, jenis jahitan dan sebagainya.

5. Testimoni Dari Konsumen Yang Sudah Berbelanja

Toko online terpercaya adalah toko yang sudah memiliki banyak pelanggan yang puas dengan barang yang dibeli dari toko online tersebut. Hal ini bisa diperoleh melalui testimoni dari pelanggan. Hal ini mustahil didapatkan untuk toko baru atau toko yang pembelinya tidak mau memberikan sedikit testimoni. Lalu bagaimana agar mendapatkan testimoni? Gampang dan sudah menjadi rahasia umum. Caranya cukup mengandalkan teman-teman kita sendiri atau family dan saudara kita untuk memberikan testimoni.

Rata-rata testimoni yang mereka berikan biasanya dalam hal pelayanan dan kualitas barang. Untuk testimony yang lebih mudah adalah testimony tentang pelayanan toko online anda. Seperti bagaiman toko online anda merespon dengan cepat, bisa mengantarkan produk pesanan dengan baik, mampu memenuhi sesuai permintaan dan sebagainya. Untuk itu, anda bisa melakukan hal ini dengan mudah.

Untuk testimoni terkait dengan kualitas produk anda, memang lebih sulit karena untuk ini mereka harus memiliki pengalaman manfaat dari barang yang anda jual. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Untuk barang-barang dengan harga jual tidak terlalu mahal mungkin anda bisa memberikan beberapa tester pada mereka, atau bila anda pintar berpromosi anda bisa mulai menjual pada family dan rekan-rekan anda sekaligus menjadikan mereka sebagai pembeli pertama produk anda. Kemudian mereka bisa anda mintakan testimoninya.

Untuk produk dengan harga yang cukup mahal, pastinya tidak memungkinkan bagi anda untuk memberikan testernya, tetapi jangan bingung dahulu. Anda bisa menggunakan testimoni dari suplier anda sendiri. Biasanya mereka sudah memiliki testimony dari para reseller lain yang sudah berhasil menjual produk tersebut dan mendapatkan testimony pelanggannya.


Untuk membangun toko online terpercaya, setidaknya 5 hal di atas sudah cukup lengkap untuk menjalankan toko online anda. Anda tinggal mengembangkan kelima langkah di atas agar kepercayaan pelanggan pada bisnis toko online anda semakin meningkat dan menghasilkan penjualan yang lebih banyak untuk memperoleh keuntungan atau penghasilan tambahan yang signifikan untuk keluarga anda.

0 Response to "5 Tips Toko Online Terpercaya Di Mata Konsumen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel